Blog >> Info Kosan Di Daerah ITB Bandung, , Bandung Utara

Photos

Click one of the photos to see a larger version.

Full Description

Info Kosan Di Daerah ITB Bandung

  1. Cisitu

Ini merupakan daerah favorit bagi mahasiswa ITB. Lokasinya memanjang mulai dari Cisitu Baru, Cisitu Lama hingga ke Cisitu Indah. Selain lokasi yang relatif dekat (sekitar 10 menit menuju kampus), disini fasilitas-nya lengkap. Mulai dari tempat makan, laundry, warnet, indomaret dan lainnya. Kelemahan dari daerah Cisitu adalah angkot-nya enggak dua puluh empat jam, cuma sampe jam 9 malem aja. Jadi, kalian yang kalo nanti pulang malem, agak ribet juga sih, pilihannya kalo gak naik ojek yaaa jalan. Nah makanya buat kalian nanti yang di Bandung gak berkendaraan, perlu juga nih memikirkan aspek ini. Selain itu disini juga jalan utama-nya itu sempit, alias amat gak disarankan bagi kalian yang nanti membawa mobil disini. Macet!!!

Soal harga kosan, di Cisitu itu beragam. Untuk Cisitu Baru harga menengah, sekitar 600-800 ribuan per bulan. Untuk Cisitu Lama, kalo yang deket jalan harganya gak jauh beda sama Cisitu Baru. Tapi kalo kalian lebih jeli nyarinya, seperti masuk ke gang-gang, banyak juga kos-kosan dengan harga miring, sekitar 300-500 per bulan. Tapi cari yang di gang-gang gitu perhatiin juga dapet cahaya matahari atau enggak. Berabe juga kan kosan murah tapi sakit-sakitan. Yang terakhir, Cisitu Indah. Daerah ini terletak di ujung Cisitu. Dan lebih jauh jika dibandingkan sama Cisitu Baru dan Cisitu Lama. Harga kosan disini rata-rata mematok lebih dari 800ribu perbulannya. Oh iya, di Cisitu Lama  juga ada asrama bagi mahasiswa ITB yaitu asrama Kidang Pananjung. Tinggal di asrama itu murah! Hehehe.

  1. Tubagus Ismail

Daerah ini juga menjadi daerah yang banyak anak ITB-nya. Rumah dan Kosan disini ditata layaknya kompleks perumahan. Lebih rapi dan lebih sedap dipandang. Yang terkenal dari Tubagus yaitu daerah ini banyak terdapat makanan-makanan enak, dan tentunya dengan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Fasilitas lainnya banyak, yaitu laundry, warnet, minimarket bahkan ada juga poliklinik! Sayangnya akses menuju kawasan ini hanya ada satu jalan utama dan jalan ini berujung di Pasar Simpang Dago, sehingga kalo macet… Maklum saja lah ya. Hehehe. Tapi overall, daerah ini recommended.

Untuk Harga, kosan disini variatif. Daerah Tubagus bagian depan (dekat pasar simpang) memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan yang lebih dalam. Karena semakin ke bagian dalam, kosan di Tubagus semakin luks sehingga harganya juga naik seiring fasilitas kosannya. Sebagai contoh, teman saya kos di Tubagus Ismail Depan seharga 500ribu perbulan, dan satulagi di Tubagus Ismail III seharga 7 juta pertahun, dan di Tubagus Ismail VI, dengan biaya 8 juta pertahun.

  1. Dago Asri

Perumahan Dago Asri menjadi perumahan yang banyak dipilih oleh mahasiswa dari kalangan menengah ke atas. Soal harga, disini kurang variatif. Hanya ditujukan bagi yang berkecukupan sepertinya. Kosan disini rata-rata  mematok harga lebih dari 1 juta rupiah per bulan! Teman saya kos di daerah sini bahkan dengan harga 1,9 juta rupiah per bulannya! Ya tapi harga mahal ini terbayar dengan fasilitas yang disediakan kosan tsb, seperti air hangat, internet, tv kabel dan lainnya. Bahkan teman saya yang tadi saya sebutkan itu, mendapat fasilitas balkon dan furniture super lux! Beuh! Saya jadi sempat berpikir, ini lebih mirip hotel dibanding kos-kosan. Hehehe. Daerah ini sangat recommended buat kalian yang berkantong tebal.

  1. Kanayakan & Dago Atas

Kanayakan merupakan sebuah daerah yang berada di Dago Timur. Lokasinya lumayan lah kalo dibilang. Dengan motor, bisa 5 menit sampai kampus tapi kalo angkot bisa sekitar 10-15 menit. Disini kos-kosannya kebanyakan berupa rumah-rumah baru. Di daerah ini juga terdapat asrama bagi mahasiswi, yaitu asrama kanayakan.

Lebih naik dari Kanayakan, ada daerah Dago Atas. Disini sedikit jumlah mahasiswa ITB nya mengingat lokasi lumayan juga kalo ditempuh untuk menuju kampus. Kelebihan daerah ini adalah angkotnya dua puluh empat jam. Harga kosan disini relatif murah karena lokasi-nya gak terlalu dekat dengan kampus. Nah TS sendiri kos-kosannya disini nih, tepatnya di Bukit Dago Selatan. Dengan harga 650ribu perbulan, udah dapet TV kabel, internet, air panas, dapur bersama, cuci-setrika dll. Beberapa hal yang gak bisa didapetin dengan harga 650perbulan kalo di daerah lainnya. Ya itu tadi sih, harga murah ini dibayar dengan lokasi yang agak jauh, sekitar 20 menit menuju kampus (dengan angkot) dan 5 menit kalo pake motor.

Dan kelebihan lain yang didapet dari Kanayakan dan Dago Atas adalah view-nya! Ya! Karena lokasinya di atas, makanya kita bisa liat panorama Kota Bandung! Kalo malem, beuh! Keren pemandangan kota dengan lampu-lampu yang memanjakan mata!

  1. Sekeloa

Daerah ini terletak di timur kampus ITB. Lokasinya malah lebih dekat dengan UNPAD. Makanya daerah sini lebih banyak mahasiwa UNPAD, UNIKOM dan ITHB. Daerah ini mirip kayak pecinan. Apa aja rame! Banyak makanan jajanan abang-abang pake gerobak. Fotocopy dan print 24 jam, laundry, dan lainnya. Intinya ini kawasan hidup 24 jam! Mau cari makan jam 2 pun ada! Karena daerah ini aksesnya melewati Jalan Dipati Ukur yang notabene adalah kampus UNPAD, jadi lumayan juga cuci mata kalo pulang pergi dari kosan. Hehehe. Soal harga, disini murah dan terjangkau! Pokoknya long live lah Sekeloa!

  1. Jalan Diponegoro dan sekitarnya

Bagi kalian yang berdomisili dari Jakarta, kalian tau kawasan Menteng kan? Nah seperti itulah gambaran tentang Jalan Diponegoro. Banyak kafe-kafe bertebaran disini. Dan rumah-rumahnya berupa rumah tua dengan arsitektur yang khas. Soal harga, disini agak lumayan mahal. Soalnya lokasi yang dekat dengan kampus dan memang kawasan ini sudah dicap sebagai salah satu kawasan elite di Kota Bandung. Buat saran aja, kalo mau disini lebih baik cari-nya rumah yang bisa dikontrakin bareng temen-temen, karena jatuhnya pasti lebih murah.

 

  1. Pelesiran

Kalo dari tadi kita membahas wilayah yang terletak di Utara dan Timur kampus ITB, sekarang beralih ke bagian Selatan! Pelesiran adalah salah satu jalan yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa ITB. Letaknya yang dekat kampus dan akses angkot 24 jam menjadikan daerah ini sebagai daerah favorit bagi mahasiwa ITB juga! Jalan utama di Pelesiran itu sempit, sehingga gak disarankan bagi kalian yang bermobil karena susah juga jalannya. Disini kos-kosannya harga nya murah! Termurah malahan jika dibandingkan dengan daerah favorit lainnya (Cisitu dan Tubagus). Dan untuk makanan, disini juga juara! Makanan kaki lima yang bertebaran di Jln Taman Sari adalah surga bagi mahasiswa yang kelaparan kalo malam-malam. Hehehe.

  1. Taman Hewan

Sesuasi namanya nih, letaknya emang persis di belakang kebun binatang bandung. Suasananya banyak pohon. Ya iyalah ya, secara deket sama Kebun Binatang. Ini merupakan daerah kosan yang paling dekat dengan kampus. Harganya murah dan banyak makanan dan keperluan mahasiwa lainnya semacam laundry dan layanan dokumen. Kelebihan kawasan ini ya itu tadi, karena dekat dengan kampus sehingga JALAN KAKI, dan voila! Sekejap nyampe kampus! Ehehehe. Tapi jangan salah, kalo kalian jalan-jalan, tenang aja! Kawasan ini dilalui angkot Caheum-Ledeng 24 jam! Kelemahannya kawasan ini gelap kalo malem karena kurang pencahayaan. (karena deket bonbin kali yaa) #lhoteruskenapaa

  1. Kebon Bibit dan Kebon Kembang

Sama seperti kosan yang berada di Selatan kampus ITB, daerah ini memanjakan dompet mahasiswa. Harga yang murah emang jadi andalan untuk daerah ini. Dan juga, daerah ini dekat dengan kantor rektor. Jadi kalo berurusan dan mengharuskan ke kantor rektor, dengan sekejap keluar gang udah kantor rektor deh, hehehe. Angkot disini juga dilalui trayek Caheum-Ledeng yang emang 24 jam. Akses ke kampus cuma 5 sampai 10 menit. Dan nilai tambahnya dari kawasan ini adalah, ada jalan tembus menuju ke Ciwalk! Ketika bosan melanda dan butuh hiburan, tinggal jalan kaki dan nyampe deh di Ciwalk.

  1. Ciumbuleuit

Hehehe yang ini kelewatan, harusnya ini ada di awal-awal ketika kita membahas daerah Utara. Tapi ya, nomer dan urutan bukan masalah besar kan? Sebenernya ini bukan daerah favorit anak ITB sih, tapi gak sedikit juga yang tinggal disini. Letaknya dekat dengan kampus Unpar. Harganya variatif, ada yang murah tapi ada juga yang agak lumayan. Sekitar 600ribu – 1 jutaan lah. Enaknya daerah sini banyak makanan-makanan enak dan fasilitas penunjang macam laundry dan kawan-kawannya. Dari sini kalo butuh hiburan, bisa meluncur turun menuju Ciwalk, atau naik menuju Punclut, kawasan kuliner berhawa sejuk di Ciumbuleuit atas.

 

Nah itulah ke-sepuluh daerah kosan sekitar ITB. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tinggal kalian yang menentukan! Oh iya hampir kelupaan! Disini sistem bayar kosannya ada yang per bulan, ada yang per tahun. Pinter-pinter milih dan menyesuaikan dengan kantong aja sih sebenernya hehehe.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika cari kosan adalah:

  1. Jarak (Jauh atau deketnya)
  2. Akses kendaraan (Angkot 24 jam gak? Bisa dilalui mobil atau motor gak?)
  3. Fasilitas (Laundry, layanan dokumen, dkk)
  4. Harga (Disesuaikan dengan kantong orangtua)
  5. Lingkungan (Banyak gak mahasiswa ITB nya? Atau kebanyakan disitu mahasiswa mana?)

Atau kalo masih bingung menentukan kosan, sebaiknya: masuk asrama! Hehehe. Biar beradaptasi dulu dengan lingkungan Bandung. Selain harga yang murah, juga dapet kenalan baru yang banyak pula! Hehehe. Akhir kata, selamat mencari kosan!

Property Information

  • Furnishing: Unfurnished
  • Date Available: Contact Us for More Detail

Location

Request details / Contact

Please call or you can fill out the form below and we'll get back to you shortly.

* * *
8 + 2 =

Share

Klik icon dibawah ini untuk dikirim ke Twitter atau ke Facebook

&
&