Blog, featured >> 22 April: Hari Bumi atau Hari Lingkungan Hidup?, , Bandung Utara

22 April: Hari Bumi atau Hari Lingkungan Hidup?

Happy Earth Day!

Hari pengamatan mengenai bumi yang secara universal diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 April dan dikenal dengan Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Pertama kali digagas oleh seorang Senator Amerika bernama Gaylord Nelson di tahun 1970, dan bertujuan untuk meningkatkan apresiasi serta kesadaran manusia terhadap bumi yang dipijaknya ini.

Kenyataan nya di kalangan masyarakat Indonesia belum banyak yang mengetahui perihal Hari Bumi Sedunia, namun yang lebih populer di Indonesia adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni. Mengapa? Ya, karena pada tanggal 5 Juni 1972 PBB dalam Konferensi nya di Stockholm, Swedia bersama LSM dan Organisasi Pecinta Alam melakukan perundingan mengenai pelestarian lingkungan hidup sehingga dikenal lah Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Menurut Bapak Prof. Emil Salim yang pada saat itu menjabat Kepala Bappenas dan juga ikut hadir dalam konferensi Stockholm, Hari Lingkungan Hiduo Sedunia dianggap lebih resmi dan sering diperingati oleh masyarakan bahkan negara-negara di dunia. Namun tujuan dasar dari kedua hari besar tersebut tidak lain untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup sekitar yang semakin rusak akibat ulah manusia sendiri.

Sampai saat ini, berbagai kerusakan lingkungan sudah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan dan mengakibatkan terjadinya banyak bencana alam seperti longsor, banjir yang terus melanda beberapa wilayah di Tanah Air, angin topan, krisis air bersih, kebakaran hutan, dan yang terbaru adalah krisis listrik.

Kesadaran manusia untuk merawat, menjaga dan melestarikan lingkungan hidupnya adalah tanggung jawab kita semua sebagai makhluk yang tinggal di bumi ini. Selain itu, kesadaran tersebut harusnya ditanamkan sedini mungkin tanpa mengenal batasan waktu.

So, mari rubah perilaku yang merusak alam menjadi perilaku yang peduli, mencintai dan merasa memiliki terhadap lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi? SAVE WORLD.

 

Sumber:

Pemahaman penulis

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Bumi

http://www.durex.co.id/explore-sex/artikel/kesehatan/hari-bumi-sedunia/

EarthDay

 

 

 

 

 

 

gaylord nelson

 

 

 

 


Konnferensi Lingkungan Hidup (Stockholm, 1972)

Leave a Reply


9 + 5 =

&
&